spot_img

Pemkab Sinjai Akan Lakukan Lomba Desa, Ini Tujuannya

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sinjai akan melaksanakan lomba evaluasi perkembangan desa tingkat Kabupaten yang rencananya akan digelar pada akhir bulan Mei ini.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas PMD Sinjai Dr. Yuhadi Samad saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (15/5/2023).

Dikatakan Yuhadi, lomba desa ini dilaksanakan untuk memilih desa dengan kinerja terbaik yang nantinya akan menjadi lokus percontohan bagi desa lain.

Tujuannya adalah, untuk melakukan evaluasi kinerja desa itu sendiri, mengetahui capaian desa selama dua tahun terakhir dan sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat ke pemerintah desa.

Saat ini pihaknya sudah menerima perwakilan desa yang akan mengikuti lomba desa tingkat Kabupaten yang telah diusulkan oleh masing-masing Pemerintah kecamatan.

“Jadi ada 8 desa dari perwakilan masing-masing kecamatan yang akan kita lakukan penilaian lomba desa mulai pada pekan keempat bulan Mei ini. Setelah itu kita persiapkan untuk penilaian lomba desa tingkat Provinsi pada akhir bulan Juni mendatang,” jelasnya.

Untuk indikator penilaian, sama dengan tahun sebelumnya yang mengacu pada Permendagri Nomor 81 tahun 2015 yakni bidang pemerintahan, kewilayahan dan partisipasi masyarakat serta inovasi desa.

Yuhadi berharap kepada desa yang mewakili kecamatan agar segera persiapkan diri melalui pembinaan yang dilakukan oleh Pemerintah Camat, PKK dan Pemerintah Desa. (adz)

Baca juga :  Bakal Ukir Sejarah, Adi Akbar Unggul Versi Real Count KPU

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Intensitas Hujan yang Tinggi, Pj Bupati Pinrang Kunjungi Sejumlah Titik Rawan Bencana

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Intensitas curah hujan yang tinggi, beberapa hari terakhir ini, bisa saja berdampak buruk bagi warga...

JRM Daftar Calon Bupati Ditiga Partai Pilkada Tana Toraja Bakal Seru

JRM Daftar Calon Bupati Ditiga Partai Pilkada Tana Toraja Bakal Seru PEDOMANRAKYAT, MAKALE, Pasca dua ketua partai Gerindra Zadrak...

Longsor Di Desa Palakka, Pj Bupati Enrekang : 17 Rumah Harus di Evakuas

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang Dr. H. Baba, meninjau dua titik lokasi bencana longsor di Kecamatan Maiwa,...

Beri Pengetahuan Instalasi Listrik, Tim Dosen Poltekbang Adakan PKM Di Sidrap

PEDOMANRAKYAT, SIDRAP -- Tim dosen Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Makassar bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), mengadakan...