spot_img

Gelar Aksi Damai, Koalisi Jurnalis Sulsel Kecam Gugatan 700 Miliar di PN Makassar

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR — Puluhan jurnalis di Sulawesi Selatan (Sulsel) yang tergabung dalam Koalisi Advokasi Jurnalis (KAJ) Sulsel menggelar aksi damai di depan Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Jalan RA Kartini, Kamis (25/4/2024).

Aksi ini sebagai bentuk penolakan terhadap pembungkaman pers dan teror yang dialami jurnalis dalam menjalankan tugasnya.

KAJ Sulsel merupakan gabungan dari empat organisasi pers, yaitu Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Sulsel, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Makassar, Pewarta Foto Indonesia (PFI) Kota Makassar, dan Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulsel.

Aksi damai ini merespons sidang lanjutan gugatan dua jurnalis di PN Makassar. Ketua KAJ Sulsel Andi Muhammad Sardi menegaskan bahwa pers memiliki peran penting sebagai kontrol sosial dan harus independen dalam menjalankan tugasnya.

“Namun, dalam kenyataannya, pers kerap mendapat ancaman dan gugatan perdata terkait karya jurnalistiknya,” ujar Sardi.

Salah satu contohnya adalah gugatan terhadap dua media daring, herald.id dan inikata.co.id, beserta dua wartawan dan narasumbernya oleh lima mantan Staf Khusus (Stafsus) Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Nominal gugatannya mencapai Rp700 miliar, yang dinilai berlebihan dan tidak mempertimbangkan peran Dewan Pers sebagai mediator.

“Pemidanaan jurnalis atas karya jurnalistiknya merupakan preseden buruk bagi kemerdekaan pers di Indonesia,” tegas Sardi.

KAJ Sulsel bersama LBH Pers Makassar akan terus mengawal kasus ini hingga tuntas. Empat organisasi profesi ini akan mengawal melalui non litigasi, mengingat dua jurnalis ikut digugat.

LBH Pers Makassar mendampingi perusahaan media yang digugat untuk pembuktian di pengadilan.

Baca juga :  Ribuan Peserta Kirap Pemilu 2024 Padati Anjungan Losari, Rombongan PSI Makassar Gunakan Bus Besar Ikut Pawai

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Suharmika Janji Boyong Keluarga Besarnya Dukung Appi di Pilwali 2024

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Calon Walikota Makassar, Munafri Arifuddin menghadiri acara halalbihalal yang digagas Legislator Partai Golkar Makassar, Andi...

Bos Pasar Terima Kunker Ketua DPRD Ternate dan Rombongan Sekda Bogor

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Plt Direktur Utama Perumda Pasar Makassar Raya (Karya) menerima sejumlah tamu dari dua kota berbeda...

Lembaga Adat Kerajaan Islam Kembar Sepakati Pembangunan Balla Lompoa di Tallo

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Lembaga Adat Passereanta Firman Sombali Kerajaan Islam Kembar Gowa Tallo (LAPFS) Provinsi Sulawesi Selatan, menggelar...

Lewat Program Z-Mart, BAZNAS Bantu Tingkatkan Penghasilan Warga Ga’de-Ga’de

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Program ZMart Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) adalah program pemberdayaan ekonomi rakyat dalam bentuk pengembangan...