spot_img

DPM-PTSP Sinjai Mulai Berikan Pelayanan Izin PBG

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sejak bulan Agustus tahun 2021 telah berganti ke Persetujuan Bangunan Gedung (PBG). Hal itu, ditandai dengan peluncuran aplikasi Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG) versi baru dari Kementrian PU.

Sejak saat itu, Pemerintah Daerah tidak lagi diperbolehkan menerbitkan IMB, hal ini berdasarkan PP Nomor 16 Tahun 2021 undang-Undang Cipta Kerja Tentang Persetujuan Bangunan Gedung.

Namun kini Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DP-PTSP) Sinjai sudah memberikan pelayanan izin PBG bagi masyarakat Kabupaten Sinjai.

Kepala DP-PTSP Sinjai Lukman Dahlan membenarkan bahwa saat ini instansi yang dipimpinnya secara efektif sudah kembali melanjutkan pelayanan izin PBG yang sebelumnya bernama IMB.

“Alhamdulillah bulan Maret kemarin peraturan daerah tentang retribusi PBG telah dievaluasi oleh Pemerintah Pusat dan berproses sampai terbitnya nomor register dari Perda baru ini dan saat yang sama juga disiapkan tim penilai ahli dari PUPR. Karena infrastrutur sudah siap maka kami sudah kembali lanjutkan penerbitan PBG ini,” jelasnya, Rabu (08/06/2022).

Pelayanan izin PBG yang menggunakan aplikasi SIMBG ini kata Lukman, bisa dilakukan secara mandiri oleh masyarakat sebab diakses secara online. Meski begitu pihaknya tetap memberikan pelayanan di DP-PTSP untuk membantu masyarakat mendaftarkan izin PBG secara online.

Setelah melakukan pendaftaran, selanjutnya diverifikasi oleh Dinas PUPR kemudian dinas DP-PTSP melakukan penerbitan izin PBG.

“Jadi tidak ada kesulitan apapun, sepanjang memenuhi syarat maka izin PBG bisa segera diterbitkan. Pembayarannya pun berdasarkan Perda yang ada dan juga melalui Bank Sulselbar,” bebernya.

Baca juga :  Hadiri Pelantikan Pengurus DPD ADRI Sulselbar, Kapoksahli Pangdam XIV/Hsn Ajak Wujudkan Visi “Indonesia Emas 2045”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Kunjungan Lembaga IWO dan Lidik Pro di Rumah Jabatan Pj. Bupati Wajo Terkait Pelaksanaan Bintek 2024

PEDOMANRAKYAT, WAJO - Pj. Bupati Wajo, Drs. Andi Bataralipu., M.Si menerima kunjungan dari Ketua Lembaga IWO (Ikatan Wartawan Online)...

Hari Libur pun Mentan Andi Amran Tetap Kerja dan Tinjau Areal Tanaman Padi di Sulsel

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan langsung untuk memastikan kondisi tanaman padi di...

Siap Majukan Soppeng, Alasan Legislator DPR Samsu Niang Daftar Cabup

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Anggota DPR RI, Drs. H. Samsu Niang M.Pd berjanji akan memajukan Soppeng lebih maju lagi....

Safari Politik ke Sulsel, Ketum DPP Prabowo Subianto Center dukung Maysir Yulanwar di Pilkada Jeneponto

PEDOMAN RAKYAT- MAKASSAR. Perhelatan pilkada 2024 makin hangat, para bakal calon kepala daerah saling mengatur strategi, membangun koalisi...