spot_img

Alienasi

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin Makassar

Shandel pernah berkata, “Bahaya paling besar yang dihadapi umat manusia, bukanlah ledakan bom atom atau meletusnya gunung berapi, melainkan perubahan fitrah seseorang.”

Unsur kemanusiaan di dalam diri seseorang sedang mengalami kehancuran dengan sedemikian cepatnya sehingga terjadi ras yang non-manusiawi. Sebuah mesin berbentuk manusia yang bukan ciptaan Allah SWT.

Manusia menjadi hamba yang tidak melihat atau mengenal tuannya. Satu- satunya kebebasan yang dimilikinya adalah hak untuk berusaha semampunya menjadi hamba yang lebih berbakti.

Ia telah dijual, tetapi dia sendirilah yang harus membayar harganya. Bersama yang lain, dengan sabar ia berdiri di depan rumah perampok, menantikan dirinya untuk dirampok.

Manusia, bagaikan seorang hamba yang tak mampu memperbaiki nasibnya. Ia memperoleh segala sesuatu yang dikehendakinya dengan membayarkan segala sesuatu yang dimilikinya.

Ia hanya yakin kepada bisnis dan karena keyakinan itu, ia harus membayar dengan harga yang terlalu mahal untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkannya. Pola kehidupannya telah ditetapkan sebelum ia dilahirkan. Dengan demikian, kehidupannya lebih merupakan sebuah beban daripada kehidupan yang sesungguhnya.

Manusia memiliki peluang untuk menemukan dunia, tetapi ia telah kehilangan Tuhan dan kemanusiaannya untuk selama-lamanya. Tragedi ini tidak terjangkau oleh imajinasi kita. Fitrah manusia sedang mengalami perubahan. Kejahatan penggoda tidak hanya merupakan kekuatan senjata, kekuasaan emas, atau kemilau permata.

Kejahatan tersebut juga memanfaatkan kekuatan sains yang luar biasa, daya tarik seni yang memesona, dan kekuatan teknik yang dahsyat di dalam tipu daya dan rencana kaum penggoda yang tersembunyi.

Baca juga :  Akabri 89 Gelar Bakkes dan Baksos, Bagikan 8.970 Paket di Tiga Provinsi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Catatan Mudik Lebaran 2024 (1) : “Diskriminasi” Kecil di KM Tilongkabila

Pengantar: Wartawan “Pedomanrakyat.co.id” M.Dahlan Abubakar, pada Lebaran 2024 melakukan perjalanan mudik terlama, 14 hari, ke kampung halaman. Dalam lawatan...

Kadis Perindag Sulsel, Resmi Dilantik Jadi Pj Bupati Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Ahmadi Akil, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel akhirnya resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati...

HANURA Enrekang Mulai Jaring Bakal Calon Kepala Daerah untuk Pilkada 2024, Sudah Ada 3 Kandidat

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Enrekang membuka secara resmi pendaftaran calon Bupati dan...

Pj Bupati Pimpin Langsung Upaya Penanganan Darurat Bencana Banjir Bandang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Dalam rangka percepatan penanganan bencana banjir bandang yang melanda Kabupaten Enrekang dan sekitarnya, Pemerintah Kabupaten...