spot_img

Launching Proper 3 Kepala OPD, Bupati ASA Harap Bisa Jadi Solusi Atasi Persoalan Masyarakat

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI – Bupati Sinjai Andi Seto Asapa (ASA) melaunching tiga inovasi yang merupakan proyek perubahan (proper) peserta Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan II di Ruang Pola Kantor Bupati Sinjai, Sabtu (08/10/2022).

Tiga inovasi proyek perubahan yang diluncurkan, yakni, “SiBaNTuKi” (Sinjai Bersatu dan Terintegrasi Tanggulangi Kemiskinan). Lalu, Satu Digit Plus (Sinkronisasi dan Keterpaduan Mewujudkan Satu Data Terintegrasi Berbasis IT Pelaku Usaha), dan Management of Connection, Collaboration and Application for Quality of Education (Macca Qe).

Sibantuki merupakann Inovasi yang digagas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sinjai Irwan Suaib. Aplikasi Sibantuki akan menampilkan data kemiskinan berdasarkan indikator yang telah ditentukan disertai dengan foto dan alamat atau titik koordinat rumah warga miskin.

Sehingga, ke depan perangkat daerah yang memiliki tugas pokok dalam mengentaskan kemiskinan menggunakan data dalam Sibantuki.

Inovasi yang kedua adalah dikenal dengan nama Satu Digit Plus digagas oleh Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sinjai Lukman Dahlan berupa Sistem Pendataan Terpadu, yang memanfaatkan aplikasi (Digital) dengan output pemetaan dan data base pelaku usaha.

Inovasi ini, memberikan kemudahan dan manfaat baik bagi pemerintah daerah, pelaku usaha maupun masyarakat untuk mengakses data yang telah terhimpun, sehingga menjadi media promosi produk bagi pelaku usaha. Termasuk memudahkan masyarakat untuk mencari pelaku usaha dan jenis usaha atau produk apa yang ingin dibeli.

Inovasi yang ketiga yakni Macca Qe yang diluncurkan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, Andi Jefrianto Asapa. Aplikasi sistem manajemen tata kelola berbasis android ini diluncurkan berkaitan dengan masalah-masalah di dunia pendidikan di Kabupaten Sinjai.

Baca juga :  Diskominfo-SP Sulsel Raih Penghargaan Inspektorat

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Berikan Rasa Aman, Satsamapta Polres Pelabuhan Makassar Rutin Patroli Wilayah

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Piket Patroli Kota (Patko) Sat Samapta Polres Pelabuhan Makassar melakukan patroli Commander Wish dan dialogis...

Badan Kebijakan Akan Gencarkan Peningkatan Konektivitas Transfortasi di Toraja Utara

PEDOMANRAKYAT, TORAJA UTARA.- Dalam Mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) di Toraja Utara dan sekitarnya. Badan Kebijakan Transportasi...

Polri Presisi, Bhabinkamtibmas Melayu Baru Rutin Patroli Dialogis dan Sambang

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Bhabinkamtibmas Polsek Wajo Polres Pelabuhan Makassar, Aipda Hartawan yang bertugas di Kelurahan Melayu Baru, setiap...

Dedikasi dan Ketulusan Ibu Mantang di Unismuh Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR -- Ibu Mantang, dalam usianya yang ke-72, telah mendedikasikan 34 tahun hidupnya untuk Universitas Muhammadiyah (Unismuh)...