spot_img

Di Unmul Samarinda, Departemen Sastra Indonesia FIB Unhas Gelar Pengabdian

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SAMARINDA – Departemen Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sabtu (18/11/2023) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat kolaborasi dengan Departemen Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman (Unmul) di Samarinda Kalimantan Timur.

Kegiatan ini terlaksana sebagai wujud implementasi kerja sama yang telah tertuang dalam butir dokumen program kerja sama (PKS) antarkedua departemen.

Ketua Departemen Sastra Indonesia FIB Unhas Dr.Hj. Munira Hasjim, SS, M.Hum menjelaskan, kedua belah pihak bersepakat melaksanakan kerja sama dalam mengemban tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni penelitian, pengabdian masyarakat, dan pengembangan pendidikan pengajaran antarfakultas Ilmu Budaya Unhas dan Unmul.

Adapun materi penyuluhan yang diberikan kepada mahasiswa Universitas Mulawarman oleh tim penyuluh pengabdian masyarakat, menurut Munira Hasjim, yakni materi “Kesantunan Berbahasa di Media Sosial” dibawakan oleh Prof. Dr. Lukman, MS.

Kemudian, “Menyiasati Penggunaan Aplikasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegency –AI) dalam khazanah Karya Sastra” oleh Dr. Inriati Lewa, M.Hum.

“Sebelum kedua materi ini disajikan, terlebih dahulu Prof. Dr. H.M. Darwis, MS memberikan pengayaan wawasan kepada peserta pengabdian masyarakat tentang pentingnya mengkedepankan penggunaan bahasa Indonesia yang santun dan memanfaatkan aplikasi AI secara bijak dan bertanggung jawab karena walau bagaimanapun kecerdasan buatan tidak dapat menggantikan kemampuan berpikir manusia,” ujar Munira Hasjim.

Adapun tim pengabdian masyarakat kolaborasi yang dibentuk oleh Departemen Sastra Indonesia yakni Ketua Pelaksana oleh Dr. Munira Hasjim, SS, M.Hum, Sekretaris Rismayanti, SS, M.Hum. Penyuluh materi : Prof. Dr. H. Muhammad Darwis, MS, Prof.Dr. Lukman, MS, dan Dr. Inriati Lewa, M.Hum. Anggota tim : Prof. Dr. Asriani Abbas, M.Hum, Prof. Dr. Nurhayati, M.Hum, Prof. Dr. AB. Takko, M.Hum, dan Dra. Nursaadah, M.Hum.
Mereka ini adalah para dosen Sastra Indonesia FIB yang diundang menyajikan makalah dalam Konferensi Internasional Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) di Universitas Mulawarman.

Baca juga :  Rektor UMI Berganti, Kapoksahli Wakili Pangdam XIV/Hsn Hadiri Acara Pelantikan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Tinjau Lokasi Banjir dan Longsor, Pj Bupati Enrekang Bersama Tim Relawan Ikut Bersihkan Sampah Material

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Hujan deras kembali mengguyur Kabupaten Enrekang, menyebabkan banjir dan tanah longsor terjadi di beberapa...

RSUD Sinjai Adakan Lomba Busana dan Beri Penghargaan kepada Nakes Terbaik

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Sebagai bentuk kebanggaan pada keanekaragaman berbagai profesi, seluruh Pejabat, ASN dan karyawan Rumah Sakit Umum...

Hardiknas 2024, Transformasi Pendidikan Enrekang Meniti Generasi Kurikulum Merdeka Belajar

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG, – Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sertiap tahun 2024 di halaman...

Catatan Mudik Lebaran 2024 (1) : “Diskriminasi” Kecil di KM Tilongkabila

Pengantar: Wartawan “Pedomanrakyat.co.id” M.Dahlan Abubakar, pada Lebaran 2024 melakukan perjalanan mudik terlama, 14 hari, ke kampung halaman. Dalam lawatan...