spot_img

Di Unmul Samarinda, Departemen Sastra Indonesia FIB Unhas Gelar Pengabdian

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SAMARINDA – Departemen Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sabtu (18/11/2023) melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat kolaborasi dengan Departemen Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman (Unmul) di Samarinda Kalimantan Timur.

Kegiatan ini terlaksana sebagai wujud implementasi kerja sama yang telah tertuang dalam butir dokumen program kerja sama (PKS) antarkedua departemen.

Ketua Departemen Sastra Indonesia FIB Unhas Dr.Hj. Munira Hasjim, SS, M.Hum menjelaskan, kedua belah pihak bersepakat melaksanakan kerja sama dalam mengemban tugas Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni penelitian, pengabdian masyarakat, dan pengembangan pendidikan pengajaran antarfakultas Ilmu Budaya Unhas dan Unmul.

Adapun materi penyuluhan yang diberikan kepada mahasiswa Universitas Mulawarman oleh tim penyuluh pengabdian masyarakat, menurut Munira Hasjim, yakni materi “Kesantunan Berbahasa di Media Sosial” dibawakan oleh Prof. Dr. Lukman, MS.

Kemudian, “Menyiasati Penggunaan Aplikasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelegency –AI) dalam khazanah Karya Sastra” oleh Dr. Inriati Lewa, M.Hum.

“Sebelum kedua materi ini disajikan, terlebih dahulu Prof. Dr. H.M. Darwis, MS memberikan pengayaan wawasan kepada peserta pengabdian masyarakat tentang pentingnya mengkedepankan penggunaan bahasa Indonesia yang santun dan memanfaatkan aplikasi AI secara bijak dan bertanggung jawab karena walau bagaimanapun kecerdasan buatan tidak dapat menggantikan kemampuan berpikir manusia,” ujar Munira Hasjim.

Adapun tim pengabdian masyarakat kolaborasi yang dibentuk oleh Departemen Sastra Indonesia yakni Ketua Pelaksana oleh Dr. Munira Hasjim, SS, M.Hum, Sekretaris Rismayanti, SS, M.Hum. Penyuluh materi : Prof. Dr. H. Muhammad Darwis, MS, Prof.Dr. Lukman, MS, dan Dr. Inriati Lewa, M.Hum. Anggota tim : Prof. Dr. Asriani Abbas, M.Hum, Prof. Dr. Nurhayati, M.Hum, Prof. Dr. AB. Takko, M.Hum, dan Dra. Nursaadah, M.Hum.
Mereka ini adalah para dosen Sastra Indonesia FIB yang diundang menyajikan makalah dalam Konferensi Internasional Himpunan Sarjana Kesusastraan Indonesia (HISKI) di Universitas Mulawarman.

Baca juga :  Kapuskesad Pimpin Sertijab Danpusdikkes Dijabat Kolonel Ckm Dr. dr. Krisna Murti

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Momen HBA Ke-64 dan HUT IAD Ke-24, Kejati Sulsel Berbagi Tali Asih Bersama Anak Yatim

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) ke-64 Tahun 2024 dan HUT ke-24 Ikatan Adhyaksa...

Sambut HBA Ke-64, Kejati Sulsel Gelar Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Kajati Sulsel Agus Salim membuka secara resmi kegiatan Donor Darah yang merupakan rangkaian Kegiatan Bakti...

Pengunjung dan Pasien Rawat Jalan RSUD Sinjai Diajari Etika Batuk

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -- Pengunjung Rumah Sakit dan Pasien yang berada di Ruang Tunggu Poli Rawat Jalan Rumah Sakit...

BSI Imbau Nasabah Selalu Waspadai Modus Penipuan

PEDOMANRAKYAT, JAKARTA - PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) mengimbau kepada nasabah agar tetap waspada terhadap berbagai modus...