spot_img

Pengadilan Allah

Bagikan:

Tanggal:

Oleh : H Hasaruddin, Guru Besar UIN Alauddin

Pembahasan tentang Rasulullah SAW, adalah pembahasan yang tidak pernah habis dan tuntas, makin kita mengkaji pribadi beliau, maka kecintaan dan kekaguman kita terhadap beliau makin besar.
Di antara secuil ceritera tentang Baginda Rasulullah SAW, adalah saat beliau memimpin masyarakat Madinah. Saat itu, masyarakat hidup dalam berkecukupan. Masyarakatnya sejahtera, sebaliknya sang pemimpin hidup pas-pasan atau boleh juga dikatakan kekurangan, kadang makan dan kadang tidak. Allahumma shaliy ala habiibyi sayyiddiy Muhammad SAW.

Suatu malam, Rasulullah SAW, sedang memimpin salat isya berjamaah, para sahabat yang menjadi makmun beliau dibuat cemas dan was-was akan kondisi Rasulullah SAW yang sepertinya sedang sakit. Indikasinya adalah, setiap beliau menggerakkan tubuh untuk rukuk, sujud dan melaksanakan seluruh gerakan shalat, para sahabat mendengar suara krek, seakan-akan tulang- tulang Rasulullah SAW, longgar semua.

Setelah salam, dzikir, dan berdoa, para sahabat menghampiri Rasulullah SAW. Umar yang dikenal pemberani bertanya kepada Rasulullah SAW, “Ya Rasulullah, apakah anda sakit?”

Dengan penuh senyum Rasulullah SAW menjawab,”Tidak. Aku sehat wal afiat.”

Umar melanjutkan, “Tapi ya Rasullah, kenapa setiap kali engkau menggerakkan badan saat salat, kami mendengar bunyi tulang-tulang anda, kami menduga sepertinya ada tulang anda yang patah.”

Awalnya, Rasulullah SAW tidak ingin menyampaikan apa yang sedang terjadi pada diri beliau. Namun, untuk menghilangkan rasa penasaran dan kecemasan para sahabat, akhirnya Rasulullah SAW, membuka jubah beliau.

Saat itu para sahabat melihat seutas kain putih yang diikat pada perut Rasulullah SAW, dalam kain tersebut terdapat kerikil-kerikil kecil yang diisi oleh Rasulullah SAW untuk mengganjal perut, guna menahan rasa lapar. Kerikil-kerikil tersebut lah yang berbunyi saat Rasulullah SAW memimpin salat Isya berjamaah.

Baca juga :  LLDIKTI IX Menantikan STIEM Bongaya Membuka S3 Doktor Manajemen Secepatnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Hardiknas 2024, Transformasi Pendidikan Enrekang Meniti Generasi Kurikulum Merdeka Belajar

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG, – Pemerintah Daerah Kabupaten Enrekang memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sertiap tahun 2024 di halaman...

Catatan Mudik Lebaran 2024 (1) : “Diskriminasi” Kecil di KM Tilongkabila

Pengantar: Wartawan “Pedomanrakyat.co.id” M.Dahlan Abubakar, pada Lebaran 2024 melakukan perjalanan mudik terlama, 14 hari, ke kampung halaman. Dalam lawatan...

Kadis Perindag Sulsel, Resmi Dilantik Jadi Pj Bupati Pinrang

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Ahmadi Akil, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel akhirnya resmi dilantik sebagai Penjabat (Pj) Bupati...

HANURA Enrekang Mulai Jaring Bakal Calon Kepala Daerah untuk Pilkada 2024, Sudah Ada 3 Kandidat

PEDOMAN RAKYAT, ENREKANG – Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Enrekang membuka secara resmi pendaftaran calon Bupati dan...