spot_img

Muh. Rizal : Gerakan Pemuda Ansor Harus Dibumikan di Seluruh Persada Nusantara

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR – Gerakan Pemuda (GP) Ansor, memiliki peran strategis, dan signifikan. Di setiap episode sejarah, Badan otonom di bawah Nahdlatul Ulama (NU) ini, selain mampu mempertahankan eksistensi dirinya, juga mendorong dan menunjukkan kualitas peran, maupun kualitas keanggotaannya.

Karena itu, Gerakan Pemuda Ansor harus dibumikan di seluruh persada nusantara. Mengapa ? Ya, karena dalam diri setiap kader Ansor, terpampang tugas paling mulia, yakni mengawal eksistensi Islam Ahlussunnah Wal jama’ah, atau Aswaja.

Demikian dikemukakan Ketua Pengurus Cabang GP Ansor Kota Makassar, Muh. Rizal Burahmat, di sela-sela pembukaan Diklat Terpadu Dasar (DTD) I, Pimpinan Anak Cabang GP Ansor Kecamatan Tallo, Jumat (30/09/2022) malam. Diklat diikuti sekitar 50 peserta, berlangsung tiga hari di Masjid Nurul Qur’an, Jalan Sultan Abdullah Raya, Lorong 2 Kelurahan Buloa, Kecamatan Tallo.

Muh. Rizal Burahmat mengakui, pembumian GP Ansor di setiap jengkal bumi nusantara, termasuk di Kota Makassar, tentunya untuk menjaga, merawat, hingga menjunjung tinggi ulama Nahdiyyin. Menjaga negara dari ancaman bangsa sendiri, menjaga keutuhan NKRI, menjaga Pancasila, mempererat ke-Bhinekaan, sekaligus menjauhkan diri dari upaya-upaya, atau ronrongan dari pihak yang sengaja mengadu domba.

“Secara historis, Indonesia merupakan basis keberagaman di dunia, mulai dari agama, ras, bahasa, dan suku. Hal itu melatarbelakangi letak urgensi dan relevansi mengapa Ansor harus mempunyai komitmen terhadap toleransi antar agama,” urainya pada TDR bertema “Pakajarreki Bida’NU” itu.

Rizal Burahmat mempertegas, sebenarnya, kehadiran GP Ansor bukan saja merajut persaudaraan seiman (sesama muslim), melainkan persaudaran sesama anak bangsa (ukhuwah wathoniyah), malah ukhuwah insaniya, atau persaudaraan antar sesama. Apalagi, ketiga persaudaraan tersebut menjadi energi, serta ruh yang bertalian dengan persaudaraan antar sesama manusia.

Baca juga :  Hari ini, Kacabdisdik Se-Sulsel Serentak Jadi Pembina Upacara di Sekolah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Sultan Faeyza Ajwad Raih Medali Emas Kategori Tanding Usia Dini

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sultan Faeyza Ajwad salah satu siswa MI Faturrahman Makassar yang tergabung dalam Kontingen Tapak Suci...

Sambut momentum May Day dan Hardiknas, HMJ-T.PWK UIN Alauddin Makassar gelar Aksi Unjuk Rasa

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Aksi unjuk rasa terjadi didepan kampus satu UIN Alauddin Makassar, Senin (1/5/2024). Dengan menutup satu jalur...

Unras Ratusan Massa FREDOM Peringati Hari buruh Internasional di Makassar

PEDOMANRAKYAT, MAKASSAR - Sejumlah organisasi yang tergabung dalam Federasi Rakyat Demokrasi Makassar ( FREDOM ) melakukan unjuk rasa...

Pj Bupati Pimpin Langsung Upaya Penanganan Darurat Bencana Banjir Bandang

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Dalam rangka percepatan penanganan bencana banjir bandang yang melanda Kabupaten Enrekang dan sekitarnya, Pemerintah Kabupaten...