spot_img

Undang Stakeholder Terkait, Pemkab Sinjai Rancang Konsep Program Devisa Desa

Bagikan:

Tanggal:

PEDOMANRAKYAT, SINJAI -Menindaklanjuti pertemuan Bupati Sinjai, Andi Seto Asapa (ASA) dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank, di Jakarta beberapa waktu lalu, Pemerintah Kabupaten Sinjai melaksanakan diskusi terkait konsep devisa desa rumput laut.

Kegiatan ini berlangsung di Ruang Pertemuan Kantor Bappeda Sinjai yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Sinjai yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Sinjai Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Lukman Fattah, Jumat (9/6/2023) siang.

Lukman Fattah dalam sambutannya mengharapkan adanya kolaborasi yang terjalin dengan seluruh stakeholder agar program ini berjalan dengan baik sehingga perekonomian di sektor perikanan dapat semakin berkembang.

“Mari memanfaatkan forum ini dengan sebaik-baiknya untuk saling memberikan masukan sehingga apa yang menjadi harapan bapak Bupati melalui program devisa desa, para petani rumput laut semakin sejahtera,” jelasnya.

Adapun skema program yang direncanakan yaitu Desa devisa Sinjai terintegrasi dengan rencana digitalisasi dan SRG (Sistem Resi Gudang) yang terintegrasi dalam rangka mendukung peningkatan ekonomi Sinjai.

Sementara itu Kepala Dinas Perikanan Sinjai, Syamsul Alam mengatakan, pertemuan ini adalah merupakan forum diskusi untuk membahas terkait rencana pembentukan program Devisa Desa rumput laut di Kabupaten Sinjai.

Desa Devisa ini merupakan program pemberdayaan masyarakat untuk mengembangkan potensi komoditas ekspor sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Jadi program ini memiliki konsep desa yang berbasis komoditas tertentu untuk diekspor ke luar negeri, dari hasil ekspor komoditi rumput laut ini akan menghasilkan devisa,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, rumput laut jenis eucheuma cottonii ini akan menjadi komoditi dalam program devisa desa yang pengembangannya dilakukan disepanjang perairan Sinjai Timur khususnya di desa Tongke-Tongke.

Baca juga :  Kain Tenun Toraja dan Sarita Jadi Pusat Promosi Peringatan HUT Dekranas di Medan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Artikel Terkait

Camat Kajuara Pimpin Mediasi Sengketa Tanah di Gaccu, Desa Kalero, Kabupaten Bone

PEDOMANRAKYAT, BONE - Camat Kajuara Andi Yulianto, SE, M.Si memimpin gelaran mediasi permasalahan sengketa tanah sawah, bertempat di...

Intensitas Hujan yang Tinggi, Pj Bupati Pinrang Kunjungi Sejumlah Titik Rawan Bencana

PEDOMANRAKYAT, PINRANG - Intensitas curah hujan yang tinggi, beberapa hari terakhir ini, bisa saja berdampak buruk bagi warga...

JRM Daftar Calon Bupati Ditiga Partai Pilkada Tana Toraja Bakal Seru

JRM Daftar Calon Bupati Ditiga Partai Pilkada Tana Toraja Bakal Seru PEDOMANRAKYAT, MAKALE, Pasca dua ketua partai Gerindra Zadrak...

Longsor Di Desa Palakka, Pj Bupati Enrekang : 17 Rumah Harus di Evakuas

PEDOMANRAKYAT, ENREKANG – Pj Bupati Enrekang Dr. H. Baba, meninjau dua titik lokasi bencana longsor di Kecamatan Maiwa,...